Spirit Kebangkitan Ummat

Selanjutnya akan datang kembali Khilafah berdasarkan metode kenabian. Kemudian belia SAW diam.” (HR. Ahmad dan Ath-Thabarani) “Siapa saja yang melepaskan ketaatan, maka ia akan bertemu Allah pada hari kiamat tanpa memiliki hujjah. Dan siapa saja yang meninggal sedang di pundaknya tidak ada baiat, maka ia mati seperti mati jahiliyah (dalam keadaan berdosa).” (HR. Muslim). “Sesungguhnya Allah telah mengumpulkan (memperlihatkan) bumi kepadaku. Sehingga, aku melihat bumi mulai dari ujung Timur hingga ujung Barat. Dan umatku, kekuasaannya akan meliputi bumi yang telah dikumpulkan (diperlihatkan) kepadaku….” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi) Abdullah Berkata, ”Pada saat kami sedang menulis di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba Rasulullah SAW ditanya, manakah di antara dua kota yang akan ditaklukkan pertama, Konstantinopel atau Roma(Italia). Rasulullah SAW bersabda: ”Kota Heraklius yang akan ditaklukkan pertama—yakni Konstantinopel.” (HR. Ahmad)

Minggu, 15 Januari 2012

PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID, Ilmukomputer & romisatriawahono : Learning, Researching, Entrepreneuring, Teaching, Motivating and Inspiring People


ARTICLE CATEGORY




·  Aplikasi Server (26)

·  Bioinformatika (8)


·  Database (91)

·  Datamining (9)





·  Internet dan Web (176)

·  Jaringan Komputer (112)





·  Komputer Dasar (194)


·  Linux Aplikasi (183)




·  Opini (13)

·  Pemrograman .NET (31)

·  Pemrograman ASP (14)

·  Pemrograman C (16)

·  Pemrograman C# (10)

·  Pemrograman C++ (19)



·  Pemrograman Java (43)



·  Pemrograman PHP (83)




·  Pemrograman VB (57)





·  Sistem Operasi (61)

·  Telekomunikasi (18)




LATEST ARTICLES

Top of Form
Bottom of Form
Learning, Researching, Entrepreneuring, Teaching, Motivating and Inspiring People

http://romisatriawahono.net/
on Activities
on Research
on Campus
on e-Learning
on Entrepreneurship
on Networking
on Software Engineering
on Internet Marketing & Business
on Technology Hacking
on University Ranking


PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID

MUKADIMAH
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Allah SWT. Kita memohon pertolongan-Nya dan ampunan serta perlindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Barangsiapa yang diberi hidayah-NYA, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi, dan barangsiapa yang tidak mendapat hidayah, tidak ada sesuatu pula yang mampu menolongnya. Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaha illallah wallahu akbar. 
Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalah-Nya, memberi nasehat dan membawa umat menuju kesempurnaan hidup lahir batin, dunia akhirat. Kita berharap termasuk umatnya yang mendapat syafa’at Beliau, nanti di Yaumil Akhir. Amin 
Bersama ini kami sampaikan proposal singkat ke hadapan Bapak dan Ibu, dengan maksud  sebagai media untuk menjelaskan rencana pembangunan masjid yang juga akan berfungsi sebagai  mini Islamic center yang kami beri nama Darul Ishlah Mini Islamic Center (DIMIC). Tentunya kami berharap, partisipasi nyata berupa dukungan moril dan materil, sebagai salah satu waqaf, infaq dan sodaqah jariyah bagi Bapak dan Ibu. Kami berdo’a, semoga keikhlasan Bapak dan Ibu menjadi jalan menuju ketaqwaan dan Insya Allah Bapak dan Ibu termasuk golongan orang-orang yang sesuai dengan hadits Nabi yaitu: orang-orang yang akan dibangunkan sebuah istana di surganya Allah, karena telah membangun rumah Allah dimuka bumi ini. Amiin Yaa Rabbal’alamin. 
Billahittaufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
------------------------------------------------------------------
I. LATAR  BELAKANG
Berangkat dari adanya kebutuhan tempat ibadah bersama bagi warga muslim BSD City sektor 1.2 Extension, 1.3 Utara, 1.4, dan sekitarnya maka pada tahun 1997 dibangunlah sebuah mushola yang lokasinya sementara menumpang di lahan milik pengembang BSD City.  Untuk mendukung kegiatan mushola tersebut maka dan pada tanggal 18 April 1997 dibentuk Yayasan Al’ Islah oleh warga muslim 1.2 ext. sebagai payung hukum sekaligus sebagai pengelola sarana ibadah tersebut.
Setelah berlalu lebih dari 10 (sepuluh) tahun serta melihat perkembangan kegiatan ibadah, jumlah jamaah, dan kegiatan pendidikan TPA, kondisi fisik mushola saat ini dinilai tidak memadai lagi untuk menampung seluruh kegiatan jamaah. Terlebih lagi status lahan mushola adalah pinjam sementara.



Foto: Musholla saat ini yang dibangun di atas tanah pinjaman
Melihat kondisi di atas  serta sejalan dengan perubahan undang-undang mengenai yayasan, maka pada tanggal 11 April 2007 dididirikan Yayasan Darul Islah. Yayasan ini dibentuk untuk mengelola kegiatan masjid yang berfungsi juga sebagai sarana ibadah serba guna atau mini Islamic center.
Semangat jihad ini terus bergelora, agar mendapatkan sponsor yang mendukung terlaksananya pembangunan masjid. Untuk itu kita berdo’a kepada Allah, mudah-mudahan semangat ini menjadi ibadah yang diterima oleh Allah.  Masjid yang dibangun dan Insya Allah akan menjadi pusat pembinaan dan pendidikan umat direncanakan bernama Darul Ishlah Mini Islamic Center (DIMIC).

II .  TENTANG YAYASAN DARUL ISLAH
Dalam rangka mengelola rencana pembangunan Darul Islah Mini Islamic Center, maka didirikanlah Yayasan Darul Ishlah pada tanggal 11 April 2007 sesuai dengan Akte nomor 08 dibuat di hadapan Notaris Lilis Alwiah.
II.1. Visi dan Misi Yayasan
Visi
“Menjadi pusat pembinaan umat dalam mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat, di bawah naungan Ridho Allah (Mardhatillah)”
Misi
"Memfasilitasi pembinaan Aqidah, Ibadah, Akhlak dan Muamalah umat, berbasiskan keluarga, dengan mengutamakan keteladanan dan kepemimpinan”

II.2. Pedoman dan Prinsip Dasar Yayasan
Yayasan didirikan sekurang-kurangnya memiliki 4 dimensi yakni :
- Menjaga kemurnian akidah sesuai Al Qur’an dan Al Hadits sebagai dasar berpijak.
- Mengutamakan kekeluargaan dalam persatuan  pada kebenaran yang bersifat hakiki.
- Fokus dalam kegiatan untuk menjadi spesialis di bidangnya dalam ibadah yang bersifat muamalah.
- Menjalin kerja sama strategis yang bermanfaat, bersinergi dalam penyebaran syiar.

II.3. Manajamen dan Struktur Organisasi Yayasan   
Dewan Pembina
Ketua              : Ir. H. Gumelar Adi Saputra
Anggota          : Sutopo Shattar
                        Imendri
                        H. Sjafrial
           
Badan Pengawas        
Ketua              : H. Rohana Yusa
Anggota          : Lilik Harsono
                        Gunadi Widya Handaka
                        H. Abdul Halim Said
                        Heinrich Stekkinger
                        Ahmadsyah Sidik
                        Dwinanto Daru Priyono

Pengurus
Ketua Umum             : H. Budi Darmito
Ketua I                     : Sigit Tri Handojo
Ketua II                      : H. Nasrul Amar Harahap
Sekr. Umum                : H. Fahmi Azmiar
Sekretaris                    : Ridwan Ry
Bendahara Umum       : H. Raden Hendrawan
Bendahara                   : Himawan Brahmantyo                     

II.4. Kegiatan Yayasan
Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain :
- Sholat berjamaah
- Ceramah Subuh
- Penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah
- Taman Pendidikan Al Quran
- Pengajian Keluarga

III. RENCANA PEMBANGUNAN DIMIC
III.1. Fungsi
Selain untuk menampung kegiatan yang telah berjalan selama ini, maka DIMIC nantinya akan memiliki fungsi tambahan sosial kemasyarakatan sebagai berikut:
- Pembinaan dan Pengembangan Keluarga Mualaf
- Balai Pertemuan
- Kegiatan Warga

III.2. Lokasi DIMIC
Di atas lahan Fasiltas Sosial dan Fasilitas Umum yang terletak di Sektor  1.2 Ext - 1.3 Utara yang kurang terawat, yayasan bermaksud membangun satu komplek peribadahan terintegrasi yang berfungsi sebagai masjid lengkap dengan sarana taman serta fasilitas penunjang kegiatan sosial.
DIMIC dibangun setelah mendapat izin Pemda Kabupaten Nomor : 593/ 2395-Peng.As/2007 tertanggal 29 Oktober 2007, di atas lahan umum antara sektor 1.2 ext (RW 06) dan Sektor 1.3 Utara (RW 11) Kelurahan Rawa Buntu yang kurang berfungsi serta tidak terawat. Rencana bangunan fisik DIMIC terdiri dari 2 lantai dimana lantai bawah berfungsi sebagai ruang serba guna dan lantai atas sebagai tempat ibadah.
III.3. Biaya dan Tahapan Pembangunan DIMIC
Yayasan menyadari sepenuhnya bahwa untuk mewujudkan niat dan cita - cita di atas tidak mudah, oleh karena itu prioritas pertama yang dilaksanakan oleh Yayasan adalah membangun Masjid Darul Ishlah terlebih dahulu, yang memang  sangat diperlukan keberadaannya untuk menggantikan fungsi mushola.
III.3.1. Biaya  Pembangunan
Luas bangunan DIMIC adalah ± 800 m2 dengan harga perkiraan pembangunan permeter persegi sebesar Rp 3.400.000,- (tiga juta empat ratus ribu rupiah) .
Untuk melaksanakan pembangunan sarana dimaksud, ditetapkan dua tahapan proyek yaitu :
III.3.2. Tahap I (Proyek  Jangka Pendek)
Tahap I meliputi pembangunan bagian utama masjid untuk mengganti fungsi musholla lama Al Ishlah, yang luas maupun letaknya sudah tidak cukup memadai untuk kegiatan jamaah. Dalam tahap ini juga dilakukan proses untuk mengubah status sebagian lahan Taman Lotte menjadi status wakaf.
Diperkirakan biaya yang akan dibutuhkan kurang lebih Rp. 1.900.000.000,-. (satu milyar sembilan ratus juta rupiah).
III.3.3. Tahap II (Proyek Jangka Panjang)
Tahap II meliputi pembangunan suatu komplek terpadu dengan kapasitas yang memadai guna menampung kegiatan jama’ah muslim yang ada di kawasan sektor I.2 Ext , I. 3 Utara  , I.4  BSD dan sekitarnya. Dalam tahap ini juga dilakukan pembangunan berbagai sarana keperluan DIMIC seperti gudang peralatan, taman/ruang terbuka, serta peralatan seperti  tata suara, tata udara, dan lain – lain.
Biaya untuk pembangunan tahap II diperkirakan sebesar  Rp 700.000.000,-  (tujuh ratus juta rupiah).
III.3.4. Total Biaya Proyek
Dari penjelasan di atas, maka total biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh tahap pembangunan DIMIC adalah sebesar Rp. 2.600.000.000,- (dua milyar enam ratus juta rupiah)



Gambar Rencana Masjid Darul Ishlah / DIMIC 

IV.  SUMBER DANA PEMBANGUNAN
Dana pembangunan DIMIC akan dihimpun dari jama’ah dan warga sekitar serta berasal dari pihak lain baik perseorangan maupun lembaga yang peduli dengan pembinaan akhlak masyarakat.
Bagi Anda yang berkeinginan meluangkan rezeki dan turut serta membantu pembangunan DIMIC, kami membuka kesempatan bagi anda untuk beramal jariyah dengan cara sebagai berikut :
a.Wakaf
Bagi anda yang akan berwakaf untuk pembangunan DIMIC beserta sarana penunjangnya, tersedia pilihan “Deposito Akhirat“ dengan nominal Rp 1.000.000,-,  Rp. 5.000.000.-, dan Rp.10.000.000,-.
b. Infaq
Bagi anda yang akan berinfaq untuk pembangunan DIMIC dapat langsung mentransfer dana ke rekening bank sesuai tercantum di bawah atau melalui petugas kami.

NO REKENING PROYEK PEMBANGUNAN
> Bank Muamalat Indonesia Cabang BSD City
Nomor Rekening: 303 20662 22 a.n.  R. Hendrawan and Muh. Shonhaji A.
> BNI Syariah Cabang BSD City
Nomor Rekening: 0132744199 a.n.  R.Hendrawan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat Yayasan Darul Islah
Alamat            : Jalan Salvia I Blok UJ - 22  Sektor I.2 Ext. BSD City
Telepon           : +62-21- 934 4975.
E-mail              : darul.ishlah@yahoo.co.id
Website           : www.darulishlah.or.id




 Pamplet pengajian Hizbut tahrir Hijrah & Kebangkitan ummat







PROPOSAL
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA'WAH





























LEMBAGA DA’WAH  YAKAUMI

 

BONTANG



















Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, 
pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah),
maka Allah akan memperlipatgandakan pembayaran kepadanya
dengan lipat ganda yang banyak.
Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizqi)
dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan.


( QS 2:245, Al Baqarah )
































KATA  PENGANTAR


Assalaamu'alaikum wr. wb.

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa ta’ala, yang telah mengutus Rasul-Nya  dengan membawa  petunjuk  dan  agama yang haq  sebagai rahmat bagi seluruh alam. Shalawat dan salam atas Rasulullah yang telah menuntun umat manusia ke jalan yang lurus, Nabi terakhir dan tak ada lagi setelah dia.
Islam adalah agama bagi seluruh umat  manusia,  tidak hanya  untuk ras atau golongan tertentu. Setiap muslim diharapkan memiliki komitmen da’wah dalam menyebarkan agama ini sebagai rahmatan lil ‘alamin. Menda'wahkan Islam berarti  mengajak umat manusia  kepada  aqidah tauhid serta  membimbing ke   jalan  yang lurus menuju kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat untuk mendapatkan keridlaan Allah Subhanahu wa ta’ala. Keterlibatan dalam da’wah dapat dilakukan dengan pikiran (bilfikr) dengan tindakan langsung (bilhal), dengan ucapan (billisan), dengan harta (bilmal), dengan tulisan (bilqalam) maupun dengan jiwa (binnafs). Semakin intensif dan beragam jenis keterlibatannya dalam aktivitas da’wah semakin lebih baik.
Di masa sekarang diperlukan da'wah Islam yang diselenggarakan secara kolektif dan profesional. Untuk itulah kami sebagian warga kota Bontang berinisiatif membentuk organisasi dengan nama Lembaga Da’wah YAKAUMI. Sesuai dengan SKT Nomor  200-143/BKPM-X/2001 tertanggal 4 Oktober 2001 dari Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Pemerintah Kota Bontang disebutkan bahwa Lembaga Da’wah YAKAUMI adalah merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang da'wah / keagamaan.
Kehadiran Lembaga Da’wah YAKAUMI dimaksudkan untuk turut serta dalam pembangunan masyarakat melalui pembinaan moril-spirituil  warga Kota Bontang dan sekitarnya.  Karena itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bontang sangat mendukung upaya untuk menjalankan da’wah yang dilakukan lembaga ini dengan menerbitkan Surat Rekomendasi Nomor: 177/MUI/KTB/1422/2002.
Sebagai LSM keberadaannya sangat dipengaruhi oleh kepedulian masyarakat maupun instusi-instusi lain di sekitarnya. Demikian pula keberadaan Lembaga Da’wah YAKAUMI memerlukan dukungan segenap pihak, baik pemerintah, swasta maupun warga Kota Bontang pada umumnya. Tentu saja dukungan tersebut dapat diwujudkan dalam aneka bantuan, kepedulian, kerja sama, dana, zakat, infaq, shadaqah, wakaf dan lain sebagainya.
Berkenaan dengan pembangunan Kota Bontang yang semakin berkembang pesat, maka pembinaan moralitas masyarakat sangat perlu diperhatikan dengan seksama. Agar pembangunan ini membawa berkah dan memperoleh ridla Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan terbinanya moralitas warga Kota Bontang, insya Allah, akan memberi dampak positip dalam kehidupan bermasyarakat yang ditandai dengan adanya ketenangan dalam berinteraksi sosial, bekerja maupun berusaha serta berkurangnya penyakit-penyakit sosial.
Dengan diberlakukannya UU No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, maka semakin terbukalah bagi Pemerintah Kota Bontang dan warga masyarakatnya, termasuk lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di dalamnya, untuk mengembangkan Kota Bontang menjadi kota industri yang religius. Sehingga moto Kota TAMAN (Tertib, Agamis Mandiri, Aman dan Nyaman), insya Allah, dengan rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala dapat menjadi kenyataan.
Adanya dana perimbangan untuk Kota Bontang dan diperolehnya pendapatan-pendapatan daerah yang halal lainnya, sudah selayaknya masyarakat dapat merasakan manfaatnya, termasuk di dalam pembinaan keagamaan mereka. Demikian pula sudah sewajarnya apabila perusahaan-perusahaan, Lembaga Amil Zakat dan Baitul Mal yang beroperasi di Kota Bontang maupun para aghniya di Kota ini, baik secara langsung maupun tidak langsung diharapkan dapat, berperan aktif dalam mendukung social programs yang diselenggarakan dan dikembangkan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang keagamaan guna mewujudkan masyarakat Kota Bontang yang agamis.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka kami pengurus Lembaga Da’wah YAKAUMI mengajukan Proposal untuk Pembangunan Gedung Pusat Da’wah YAKAUMI kepada pihak-pihak yang kiranya dapat membantu dan mendukung tersedianya prasarana tersebut dengan anggaran sebesar Rp. 490.000.000,-. Besar harapan kami agar kiranya permohonan tersebut dapat dikabulkan, sehingga memberi dukungan bagi Lembaga Da’wah YAKAUMI dalam menyelenggarakan da’wah islamiah bagi warga Kota Bontang dan sekitarnya.
Semoga kiranya Allah Subhanahu wa ta’ala   menjadikan bantuan tersebut sebagai ‘amal shalih yang diridlai-Nya serta senantiasa   memberi  ampunan, taufiq,  hidayah,   pertolongan   dan kesuksesan  kepada  kita  semua  untuk  kembali  kepada  Islam  dan memperoleh kebajikan fiddunya wal akhirah.  Amien.

Billaahittaufiq  wal hidaayah,
Wassalaamu'alaikum wr. wb.

Bontang,   24  Syawal     1425 H

                  7 Desember   2004 M


Pengurus Lembaga Da’’wah YAKAUMI
Bontang



Ir. Siswanto

Direktur








DAFTAR ISI


halaman

Halaman Judul                                                                                                        i
Nasihat                                                                                                                      ii
Kata Pengantar                                                                                                        iii

Daftar isi                                                                                                                    vi



SEKILAS TENTANG LEMBAGA DA’WAH YAKAUMI  BONTANG             1

Pendahuluan                                                                                                           2

Latar Belakang                                                                                                         3

Tujuan, Visi dan Misi                                                                                              5
Bidang Kerja                                                                                                             6
Susunan pengurus                                                                                                 7
Komunikasi dan Pelayanan                                                                                  8
Penutup                                                                                                                    8

 

SURAT KETERANGAN TERDAFTAR LSM KOTA BONTANG                  9

 

SURAT REKOMENDASI MUI KOTA BONTANG                                            11


DAFTAR PENGALAMAN AKTIVITAS                                                               13

 

PHOTO-PHOTO KEGIATAN                                                                                20


RENCANA PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI        28

Nama Kegiatan                                                                                                        29

Latar Belakang                                                                                                         29

Tujuan                                                                                                                       30

Target                                                                                                                         30
Waktu Pelaksanaan                                                                                                            30
Tempat dan Lokasi                                                                                                  30
Organisasi                                                                                                                 31
Anggaran                                                                                                                  32
Penutup                                                                                                                    32

LAMPIRAN                                                                                                               33

Biodata Pengurus YAKAUMI Divisi Da’wah                                                      34

Biodata Pengurus Lembaga Da’wah YAKAUMI                                                           36

Gambar Pra Rencana Gedung                                                                             37

Gambar Site Plan                                                                                                    38

Gambar Layout Denah Lantai Dasar                                                                   39

Gambar Layout Denah Lantai Atas                                                                      40

Gambar Layout Denah Atap                                                                                  41

Rencana Program Ruang                                                                                      42

Rencana Anggaran Biaya (Cost Limit)                                                                43

Surat Pernyataan Pelepasan Hak Atas Tanah                                                  44

Sket Situasi Tanah                                                                                                  46

Berita Acara Pemeriksaan Tanah / Perwatasan                                                            47

Surat Keterangan Riwayat Tanah Perwatasan                                                 48

Surat Pernyataan Tidak Sengketa                                                                       49

 





































SEKILAS TENTANG
LEMBAGA DA'WAH YAKAUMI

























PENDAHULUAN

Lembaga Da’wah YAKAUMI adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) muslim yang bergerak di bidang Da’wah Islamiyah, khususnya di Kota Bontang dan sekitarnya. Lembaga ini didirikan pada tanggal 15 September 2000 oleh Yayasan Kesejahteraan Umat Islam (YAKAUMI) Bontang dengan aktivitas di bidang: pelayanan, pelatihan, pengkajian, publikasi dan konsultasi da’wah Islam.

Yayasan Kesejahteraan Umat Islam (YAKAUMI) didirikan di Bontang pada tanggal 11 Agustus 2000. Yayasan ini ditetapkan secara formal dengan Akta Pendirian Yayasan Nomor 15 yang dikeluarkan oleh Kantor Notaris dan PPAT Noor Samsir, SH, di Bontang pada tanggal 15 Agustus 2000, dengan tujuan:

Terbinanya umat yang beriman, berilmu dan beramal shalih dalam rangka mengabdi kepada Allah dan mengharap keridlaan-Nya “.

Adapun susunan pengurus Dewan Pendiri Yayasan YAKAUMI adalah sebagai berikut:

Ketua                                                             : Ir. Budiono
Wakil Ketua                                                  : Ir. Sarwani
Sekretaris                                                      : Ma’ruf Effendi, AMd.
Bendahara                                                    : Ahmad Dalil

Divisi Administrasi dan Keuangan                       : Rafiansyah.
Divisi Da’wah                                               : Abdul Malik.
                                                                        : Isra’ Umarghoni
Divisi Ekonomi                                             : Dedi Kurniadi.
Divisi Sosial                                                  : Nukman Fadly, SPd.
Divisi Pendidikan                                        : Drs. Agus Budianto.
LATAR BELAKANG

Islam agama bagi seluruh umat  manusia,  tidak hanya  untuk ras atau golongan tertentu. Setiap muslim diharapkan memiliki komitmen da’wah dalam menyebarkan agama ini sebagai rahmatan lil ‘alamin. Da’wah  Islam  ditujukan kepada sesama muslim dan juga kepada setiap umat manusia yang belum muslim.

Menda'wahkan Islam berarti  mengajak umat manusia  kepada  aqidah tauhid,    membimbing   mereka    ke   jalan  yang lurus dan menuju kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat, serta mendapatkan keridloan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Setiap muslim harus berusaha memegang  teguh  komitmen da'wah  Islam. Artinya berusaha untuk menda'wahkan  Islam  kepada umat  manusia  serta  berupaya  untuk  terlibat   dalam aktivitas da'wah islamiah.

Keterlibatan dalam da’wah dapat dilakukan dengan pikiran (bilfikr) dengan tindakan langsung (bilhal), dengan ucapan (billisan), dengan harta (bilmal), dengan tulisan (bilqalam) maupun dengan jiwa (binnafs).

Semakin intensif dan beragam jenis keterlibatan dalam aktivitas da’wah semakin lebih baik.

Kehadiran Lembaga Da’wah YAKAUMI di kota Bontang mermiliki beberapa alasan:

Pertama. Kebutuhan untuk berda’wah.  Dalam kehidupan umat manusia diperlukan adanya segolongan orang yang peduli terhadap ‘amar ma’ruf nahi munkar. Kepedulian tersebut, insya Allah, akan membawa dan menjaga umat manusia selalu berada di jalan Allah. Para mujahid da’wah termasuk orang-orang yang beruntung  karena telah mengikuti perintah dan seruan Rabb-nya.

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.  (QS 3:104, Ali ‘Imran).

Kedua. Perlunya berda’wah secara kolektif dan profesional. Misi  da'wah dapat dilaksanakan  secara individual, akan tetapi da’wah secara kolektif dan profesional merupakan kebutuhan di era modern. Dengan bekerja sama dalam lembaga da’wah, insya  Allah,  akan memberi  hasil yang lebih  efektif,  efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan da’wah.

Ketiga. Menyahuti kebutuhan da’wah yang beragam. Lembaga Da’wah YAKAUMI diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif menyahuti kebutuhan da’wah Islam yang semakin beragam di kota Bontang. Keberadaannya bukan untuk menjadi pesaing lembaga-lembaga da’wah yang sudah ada, akan tetapi dalam rangka ber-fastabiqul khoirat menegakkan kalimat Allah.

Dengan mengembangkan metode da’wah yang mampu menyahuti keinginan dan kebutuhan umat, insya Allah, misi da’wah yang diemban lembaga ini dapat diwujudkan. Untuk itu perlu didukung para aktivis da’wah yang  ikhlas dan istiqomah yang mengedepankan sikap mencari ridlo Allah serta diikuti dengan kinerja profesional.








TUJUAN,  VISI  DAN  MISI

 



Tujuan Lembaga Da’wah YAKAUMI

“Terbinanya umat yang beriman, berilmu dan beramal sholih dalam rangka mengabdi kepada Allah dan mengharap keridloan-Nya“.


Visi  Lembaga Da’wah YAKAUMI:

Insya Allah, menjadi lembaga pelayanan, pelatihan, konsultasi, pusat data dan informasi serta pengembangan Da’wah Islam yang handal, kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.


Misi  Lembaga Da’wah YAKAUMI:

1.    Menghimpun dan menghadirkan data Da’wah Islam  yang akurat, aktual dan dapat dimanfaatkan baik secara langsung maupun tidak langsung.
2.    Menyimpan, membuat dan mempublikasikan informasi Da’wah Islam yang memiliki ruang lingkup luas dan menjadi alternatif.
3.    Menyelenggarakan pelayanan, pelatihan dan konsultasi Da’wah Islam yang berkualitas.
4.    Melakukan pengkajian, pengembangan dan menghadirkan standard-standard Da’wah Islam.
5.    Memasyarakatkan  dan  mendorong  peningkatan  peran Da’wah Islam dalam rangka menuju kebangkitan Islam.



BIDANG KERJA



ADMINISTRASI DAN KEUANGAN

Memberi dukungan administratif dan keuangan lembaga dalam melakukan aktivitas da’wah di bidang pelayanan, pelatihan, pengkajian, publikasi dan konsultasi. Menyusun pedoman-pedoman dan standard-standard dalam pengelolaan lembaga maupun aktivitas da’wah serta memberi dukungan pendanaan bagi terselenggaranya seluruh aktivitas lembaga.


PELAYANAN DAN PELATIHAN

Memberi pelayanan Da’wah Islam secara langsung kepada Masyarakat. Pelayanan da’wah dilakukan dengan menyiapkan tenaga da’i, mubaligh, khotib, instruktur, penceramah dan lain sebagainya. Menyelenggarakan dan mengembangkan pelatihan Da’wah Islam, baik  internal maupun eksternal lembaga.


PENGKAJIAN, PUBLIKASI DAN KONSULTASI

Mengkaji dan mengembangkan Da’wah Islam secara lebih luas terutama fungsi dan perannya dalam masyarakat modern, serta melakukan penelitian maupun uji coba terhadap standard, pedoman, panduan dan konsep da’wah yang akan atau telah dihasilkan. Mempublikasikan dan mengembangkan informasi Da’wah Islam secara luas serta menghadirkan media da’wah islamiah. Memberi pelayanan konsultasi Da’wah Islam dan membantu umat dengan bimbingan, konsep dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan dalam menda’wahkan Islam secara luas.

SUSUNAN PENGURUS

LEMBAGA DA’WAH YAKAUMI  BONTANG

PERIODE 2000 – 2004


Direktur                                  : Ir. Siswanto
Wakil Direktur                       : Maksum, ST
Sekretaris Direktur               : Arochcon Mustofa, ST
Bendahara                            : Sutrisno, SPd.
Wakil Bendahara                 : Zainuddin, SPd

Bidang Administrasi dan Keuangan

Manager                                : Budiono.
Sekretaris                              : Miftahul Fauzi
Departemen                          : Ahmad Seno Aji, Akt.
                                    : Alif Bakhtiar, S.Si.
                                    : Supriadi                  
                                    : Sobir            

Bidang Pelayanan dan Pelatihan
           
Manager                                : Drs. Suharno
Sekretaris                              : Supriana
Departemen                          : Ali Hamdi                            
                                    : Sujito
            : Marjono
: Suparman 
: Mulawarman                                  
                                    : Nursyafrudin                     
                                    : Abdul Rasyid                     
                                    : Drs. Muhammad Rais                  
                                    : Mulyadi                   

Bidang Pengkajian, Publikasi dan Konsultasi          

Manager                                : Ir. Abdul Kholiq
Sekretaris                              : Abdul Aziz Husain
Departemen                          : Ir. Ridwan
                                    : Hartono SAg.
                                    : Mukadi
                                                : Jatmiko                               

Reshuffle 2002

KOMUNIKASI DAN PELAYANAN




Hubungi:

Lembaga Da’wah YAKAUMI

Sekretariat :

Jl. Beringin I / 27, Berbas Tengah, Bontang

Siswanto (556617)  /  Maksum (24320)
Budiono (556143)  /  Miftahul Fauzi (26861)
Suharno (556055)  /  Supriyana (25947)
Abdul Kholiq (22625)  /  Abdul Azis Husain (27482)


Salurkan infaq da’wah anda ke rekening
Lembaga Da’wah YAKAUMI:

Bank Mandiri, Bontang
Rekening No. 148-0000104490

A/n. Sutrisno, SPd.





P EN U T U P


Hadirnya Lembaga Da’wah YAKAUMI dimaksudkan untuk turut serta dalam mengaktualisasikan dan meningkatkan peran Da’wah Islam di kota Bontang.   Keberadaannya yang masih muda memerlukan dukungan segenap pihak, khususnya umat Islam yang memiliki kepedulian terhadap da’wah islamiah. Tentu saja dukungan tersebut dapat diwujudkan dalam aneka bantuan, kepedulian, kerja sama, dana, zakat, infaq, shadaqah, wakaf dan lain sebagainya.

Semoga kiranya Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa memberi pertolongan, rahmat, ridlo dan kesuksesan kepada kita semua. Amin.













SURAT KETERANGAN TERDAFTAR
LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT ( LSM )
KOTA BONTANG 
















































































































SURAT REKOMENDASI
MAJELIS ULAMA INDONESIA
KOTA BONTANG 















































































































DAFTAR PENGALAMAN AKTIVITAS
LEMBAGA DA'WAH YAKAUMI
















































DAFTAR PENGALAMAN AKTIVITAS

LEMBAGA DA’WAH YAKAUMI  BONTANG


________________________________________________________________________


1.            Lembaga Da'wah YAKAUMI dibentuk tanggal 15 September 2000 dan disahkan kepengurusannya oleh Pengurus Yayasan Kesejahteraan Umat Islam (YAKAUMI) Bontang pada tanggal 1 Oktober 2000.

2.            Merekrut Relawan Da’wah ( Volunteer ) untuk menjadi aktivis Lembaga Da’wah YAKAUMI, Bontang, Oktober 2000 s/d Sekarang.

3.            Menyelenggarakan Up Grading Kepengurusan Lembaga Da’wah YAKAUMI, untuk Pengurus lembaga dan yayasan YAKAUMI, Bontang, 9 Februari 2001.

4.            Membentuk Team Instruktur Pelatihan Management Masjid, untuk memberikan pelatihan, supervisi dan konsultasi kemasjidan, Februari 2001.

5.            Memberikan Pelayanan Da’wah kepada masyarakat Kota Bontang dan sekitarnya, dimulai Februari 2001.

6.            Menawarkan Jasa Pelatihan Management Masjid ke institusi pemerintah dan swasta dengan spesialisasi Program Pengelolaan Himpunan Jama’ah Masjid, dimulai Februari 2001.

7.            Menyelenggarakan Pengajian Pelajar bekerja sama dengan SMU Negeri 1 Bontang, dimulai Februari 2001.

8.            Menyusun standard-standard aktivitas da’wah yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan da’wah islamiah, dimulai Februari  2001.

9.            Menyelenggarakan Latihan Kader Da’wah Se-Kota Bontang, yang diikuti para Relawan Da’wah Lembaga Da’wah YAKAUMI dan aktivis da’wah Kota Bontang lainnya, 25 Maret 2001.

10.         Menyelenggarakan Kajian Keterampilan Kemasjidan seminggu sekali untuk para Relawan Da’wah Lembaga Da’wah YAKAUMI, aktivis da’wah Kota Bontang dan masyarakat umum, April s/d Juni 2001.

11.         Melakukan Publikasi Da’wah dengan menerbitkan Buletin Da’wah YAKAUMI, dimulai April 2001.

12.         Menyelenggarakan Latihan kader Da’wah Wanita Se-Kota Bontang, yang diikuti para aktivis da’wah wanita, pengurus wanita organisasi Islam dan aktivis Majelis Ta’lim di Kota Bontang, 3 Juni 2001.

13.         Menyelenggarakan Pelatihan Pengenalan Perguruan Tinggi dan Dunia Kemahasiswaan, yang diikuti oleh para pelajar SMU yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, 3 Juni 2001.

14.         Menyelenggarakan Dialog Da’wah untuk aktivis da’wah wanita, dengan tema: “Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas SDM Aktivis Da’wah Wanita”. Menghadirkan nara sumber Lembaga Management Terapan TRUSTCO Jakarta, 2 September 2001.

15.         Menyelenggarakan Dialog Da’wah untuk aktivis da’wah pria, dengan tema: “Menyahuti Kebutuhan Da’wah Umat Islam”. Menghadirkan nara sumber Lembaga Management Terapan TRUSTCO Jakarta, 2 September, 2001.

16.         Melakukan studi banding ke Yayasan Baiturrahman, Komplek PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang, 6 September 2001.

17.         Menyelenggarakan Resensi dan Kajian Buku “Pilar-pilar Kebangkitan Umat” Karya Prof. Dr. Abdul Hamid Al Ghazali, tanggal 29 Juli 2001 di kantor Sekretariat YAKAUMI, tanggal 16 September 2001 di Masjid Baiturrahman PKT dan 28 Oktober 2001 di Masjid Darrussalam HOP PTB dan , untuk para Aktivis Da’wah Kota Bontang.

18.         Menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) untuk mencetak kader instruktur guna menangani pelatihan da'wah di Kota Bontang dan sekitarnya, di Hotel Raudah, Bontang, 11 November 2001.

19.         Membentuk Korps Instruktur Lembaga Da'wah YAKAUMI Bontang untuk mewadahi dan membina para instruktur  maupun untuk pengembangan pelatihan da'wah, di Hotel Raudah, Bontang, 11 November 2001.

20.         Bekerjasama dengan SMU Negeri I Bontang, mengelola "Pesantren Kilat Ramadlan 1422 H" untuk siswa-siswa SMU Negeri I Bontang, 17-19 November 2001.

21.         Bekerjasama dengan Yayasan Nadia Shaliha dan SMK Negeri I Bontang, mengelola "Pesantren Kilat Ramadlan 1422 H" untuk siswa-siswa SMK Negeri I Bontang, 25 November 2001.

22.         Menyelenggarakan Diskusi Panel Tentang “Pilar-pilar Kebangkitan Umat”, tanggal 27 Januari 2002 di Masjid "Al Istiqamah", Jl. Ahmad Dahlan,  Bontang Baru, untuk para aktivis da’wah dan masyarakat umum Kota Bontang. Dengan menghadirkan Pembicara Dedi Kurniadi, Ketua Umum DPD Partai Keadilan Kota Bontang, Nukman Fadly, SPd., Wakil Ketua DPRD Kota Bontang dan M. Ainurreza, BDI PT. Badak NGL Bontang.

23.         Menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Remaja Masjid Se-Bontang bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Bontang dan Front Persatuan Pemuda Islam (FPPI) Bontang dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad s.a.w. Tahun 1423 H. Diselenggarakan pada tanggal 25-26 Mei 2002 di Aula Masjid Baiturrahman, PKT, Bontang.

24.         Menjalin kerja sama da’wah Majelis Ta’lim Remaja dengan Remaja Masjid At Taqwa, Lengkong, Bontang. Lembaga Da’wah Yakaumi menyediakan tenaga mubaligh dimulai Januari 2002.

25.         Menjalin kerja sama da’wah dengan Majelis Ta’lim Mushalla At Taubah Gg. Jabora, Bontang Baru, Bontang. Lembaga Da’wah Yakaumi menyediakan tenaga mubaligh dimulai Februari 2002.

26.         Menjalin kerja sama da’wah Pembinaan Ruhani Siswa dengan SMU Negeri I, Bontang Baru, Bontang. Lembaga Da’wah Yakaumi menyediakan tenaga mubaligh dimulai September 2002.

27.         Menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) untuk Wanita guna mendapatkan Instruktur/Mubaligh Wanita. Diikuti aktivis organisasi dan da’wah Islam. Dilaksanakan pada tanggal 29 September 2002 di Aula Masjid Baiturrahman, PKT, Bontang.

28.         Bekerja sama dengan Youth Moslem Club (YMC) Bontang menyelenggarakan Dialog Remaja: “Telaah Sex Bebas”. Dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2002 di Masjid Baiturrahman, PKT, Bontang.

29.         Menyelenggarakan Penataran Pengajian Tahsin Al Quraan untuk Remaja dan Dewasa Bagi Para Ustadz dan Ustadzah. Digunakan Metode Qiraati dengan instruktur Bapak A. Syafi’I dari TPA Masjid Baiturrahman, PKT, Bontang. Dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2002 di Kantor Sekretariat YAKAUMI, Bontang.

30.         Menyelenggarakan Diskusi Panel Tentang “Problema dan Solusi Da’wah di Kota Bontang” dalam tinjauan politik, da’wah dan pendidikan. Diselenggarakan pada Januari 2003 di Aula YABIS, Bontang untuk para aktivis da’wah dan masyarakat umum Kota Bontang. Dengan menghadirkan Pembicara Nukman Fadly, SPd., Pengurus DPD Partai Keadilan Kota Bontang, Abdul Rasyid Ali, Ketua Umum BKDIB dan Ma’ruf Effendy, AMd. Kepala Sekolah SMPIT YABIS Bontang dengan Moderator Ir. Siswanto.

31.         Menyelenggarakan (ujicoba) Pengajian Tahsin Al Quraan untuk Remaja dan Dewasa dengan instruktur Ustadz Hadiyatullah. Dilaksanakan dari bulan Februari 2003 sampai dengan Oktober 2003 bertempat di Kantor Sekretariat YAKAUMI, Bontang.

32.         Bekerja sama dengan Radio Buana FM Bontang menyelenggarakan aktivitas da’wah melaluki Radio. Lembaga Da’wah Yakaumi menyediakan tenaga mubaligh untuk acara Kuliah Menjelang Maghrib (KULMA) on air sekitar jam 17.45 s/d 18.15 Wita pada hari selasa dan Jum’at. Dimulai sejak bulan Februari 2003 bertempat di Stasiun Radio Buana FM Bontang.

33.         Bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Bontang menyelenggarakan Pembekalan Mentoring Remaja. Diikuti oleh beberapa aktivis da’wah yang bergerak dalam pembinaan remaja maupun umum. Diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2003 bertempat di Hotel Andika, Bontang.

34.         Menyelenggarakan Pelatihan Mubaligh Se Kota Bontang yang diikuti oleh Relawan Da’wah YAKAUMI, aktivis da’wah Kota Bontang dan aktivis da’wah Marangkayu dengan instruktur Ustadz Miswanto, Ustadz Abdul Malik, Ir. Siswanto dan Zainal Hasyim, Lc. Pelatihan dilaksanakan di Aula Masjid Baiturrahman, PKT, Bontang pada tanggal 6 Juli 2003.

35.         Bekerja sama dengan Yayasan Umat Islam LNG Badak (YAUMIL) Bontang untuk menangani Pengelolaan TKQ-TPQ YAUMIL yang meliputi Unit Masjid Al Kautsar, Masjid Al Falah dan Masjid Darrussalam Bontang dengan jumlah Santri kurang lebih 600 anak. Periode kerjasama tanggal 20 Juli 2003 s/d tanggal 20 Juli 2004.

36.         Bekerja sama dengan SMK Negeri 1, SMU Negeri 1, SMU YABIS dan SLTP Bahrul Ulum Kota Bontang untuk menangani pengelolaan Pesantren Kilat Ramadlan Tahun 1424 Hijriyyah antara  tanggal 28 Oktober  s/d 8 November 2003.

37.         Bekerja sama dengan Yayasan Umat Islam LNG Badak (YAUMIL) Bontang untuk menangani Pengelolaan TKQ-TPQ YAUMIL yang meliputi Unit Masjid Al Kautsar, Masjid Al Falah dan Masjid Darrussalam Bontang dengan jumlah Santri kurang lebih 600 anak. Periode kerjasama tanggal 20 Juli 2004 s/d tanggal 20 Juli 2006.

38.         Bekerja sama dengan SMA YPK Bontang untuk menangani Pengelolaan Mentoring Siswa SMA YPK untuk siswa kelas satu dengan jumlah peserta kurang lebih 180 siswa-siswi. Periode kerjasama tanggal 3 September 2004 s/d tanggal 25 Mei 2005.

39.         Bekerja sama dengan SMK Negeri 1 dan SMP YPK Bontang untuk menangani pengelolaan Pesantren Kilat Ramadlan Tahun 1425 Hijriyyah antara  tanggal 18 s/d 22 Oktober 2004.













PHOTO-PHOTO KEGIATAN
























































RENCANA PEMBANGUNAN 
GEDUNG PUSAT DA'WAH YAKAUMI

















































_________________________________________________________________

NAMA KEGIATAN


Pembangunan “Gedung Pusat Da’wah YAKAUMI” Bontang.

_______________________________________________________________________________________

LATAR BELAKANG



Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan,
menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar;
merekalah orang-orang yang beruntung.

(QS 3:104, Ali ‘Imran)


Dalam kehidupan umat manusia diperlukan adanya segolongan orang yang peduli terhadap ‘amar ma’ruf nahi munkar. Kepedulian tersebut, insya Allah, akan membawa dan menjaga umat manusia selalu berada di jalan Allah. Para mujahid da’wah termasuk orang-orang yang beruntung,  karena mereka telah mengikuti perintah dan seruan Rabb-nya sebagaimana tersebut dalam QS 3: 104, Ali ‘Imran, di atas.

Misi  da'wah dapat dilaksanakan secara individual maupun kolektif, semuanya memerlukan relawan (volunteer) da’wah yang professional. Kehadiran para relawan da’wah tidak bisa serta merta, tetapi perlu diupayakan secara terencana dan terarah melalui sistim pembinaan yang terstruktur, khususnya melalui pelatihan, kursus, tarbiyyah, tugas da’wah dan lain sebagainya. Selain itu, misi da’wah juga memerlukan dukungan sarana dan prasarana. Tanpa sarana dan prasarana yang memadai, perjuangan da’wah akan mengalami banyak kendala.

Tersedianya prasarana yang representatif bagi aktivitas Lembaga Da’wah YAKAUMI yang semakin berkembang terasa sangat mendesak. Menyadari hal tersebut, maka Pengurus Lembaga Da’wah YAKAUMI bermaksud untuk membangun “Gedung Pusat Da’wah (GPD) YAKAUMI” sebagai tempat menempa para relawan da’wah serta tempat penyelenggaraan administrasi, pelayanan, pelatihan, publikasi dan konsultasi da’wah kepada masyarakat.  GPD YAKAUMI juga diharapkan, insya Allah,  dapat menjadi salah satu pusat aktivitas da’wah islamiyyah di Kota Bontang yang agamis ini.

_______________________________________________________________________________________

TUJUAN


Umum                         : Terbinanya umat Islam yang beriman, berilmu dan beramal shalih dalam
              rangka mengabdi kepada Allah untuk mencapai keridlaan-Nya.

Khusus            : 1. Tersedianya Gedung Pusat Da’wah (GPD) YAKAUMI yang memadai
                              untuk pelayanan da’wah secara lebih terpadu di Kota Bontang.
2. Semakin berkembangnya aktivitas pelayanan dan pembinaan umat   dalam memahami Islam.
_______________________________________________________________________________________

TARGET


Adanya bangunan gedung GPD YAKAUMI yang dilengkapi dengan sarana penunjang kegiatannya. Sarana tersebut antara lain :
  1. Ruang Kantor Sekretariat                  
  2. Ruang Meeting / Rapat / Diskusi.
  3. Ruang Kelas Pembinaan.
  4. Ruang Mess Karyawan / Ustadz.
  5. Toilet / WC / Kamar Mandi.
  6. Tempat Wudlu.
  7. Tempat Parkir.

_______________________________________________________________________________________

WAKTU PELAKSANAAN


Pembangunan gedung GPD YAKAUMI, insya Allah, akan dilaksanakan pada tahun 2005 s/d 2007.

Adapun Schedule Pembangunannya, insya Allah:

Juli 2005                      : Peletakan Batu Pertama
Juli 2005 – Des. 2007 : Pembangunan secara bertahap
Desember 2007          : Peresmian Gedung
_______________________________________________________________________________________

TEMPAT DAN LOKASI


Pembangunan gedung GPD YAKAUMI terletak di Gg. Raudlah, Kanaan, Bontang, dengan luas tanah 18 m x 10 m.

Adapun batas-batas tanahya adalah:

Sebelah Utara             : Tanah Suyanto
Sebelah Selatan          : Tanah Pariyanto
Sebelah Timur                        : Tanah Supriyatin
Sebelah Barat             : Gang Raudlah
_______________________________________________________________________________________

ORGANISASI


Kegiatan dilaksanakan oleh Panitia Pembangunan gedung GPD YAKAUMI dengan susunan kepanitiaan sebagai berikut:


A. Penasehat

Isro’ Umarghani.
Ma’ruf Effendi, AMd.
Ustadz. Abdul Aziz Samanhudi.

B. Pengawas

Harun Al Rasyid, SH.
Zainal Hasyim, Lc.
Ir. Siswanto

C. Panitia Pelaksana

Ketua                                       : Saifurrahman, MSc.
Wk. Ketua                               : Arochcon Mustofa, ST.
Sekretaris                                : Ardi Sofyan, SPd.
Wk. Sekretaris                        : Supriyana.
Bendahara                              : Sutrisno, SPd.

Seksi Humas                 
Ketua                                       : Maksum, ST.
Anggota                                   : Ir. Abdul Kholiq, Mas’ud.

Seksi Usaha / Dana         
Ketua                                       : Ir. Nur Suyatno
Anggota                                   : Agus Subekti, Ahmad Dalil, Heru Santoso.

Seksi Pembangunan       
Ketua                                       : Djoko Mulyoto, ST.
Anggota                                   : Ir. Laksamarda, Sri Hartanto, Rahman

Seksi Pembantu Umum  
Ketua                                       : Budi Haryanto.
Anggota                                   : Nursafrudin, Suhadi, Sukadi


______________________________________________________________________________

ANGGARAN


Rencana pembangunan gedung GPD YAKAUMI memerlukan biaya pelaksanaan sebesar Rp. 490.000.000,- (empat ratus sembilan puluh juta rupiah) dengan anggaran sebagai berikut :

A. Perencanaan Pengeluaran

1. Kesekretariatan                               Rp.          5.000.000,-
2. Humas                                            Rp.         5.000.000,-
3. IMB                                                 Rp.        10.000.000,-
3. Usaha/Dana                                    Rp.         10.000.000,-                                                     
4. Pembangunan                                Rp.       455.000.000,-  
5. Pembantu Umum                           Rp.           5.000.000,-
                                       Total            Rp.       490.000.000,-


B. Perencanaan Pendapatan

1. Kas LD YAKAUMI                          Rp.           5.000.000,-
2. Donatur                                           Rp.       485.000.000,-
                                       Total            Rp.       490.000.000,-


_______________________________________________________________________________________

PENUTUP


Untuk mewujudkan bangunan gedung GPD YAKAUMI bukanlah hal yang mudah. Insya Allah, dengan tekad, semangat dan kerja bersama serta pertolongan-Nya prasarana tersebut dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Dalam melaksanakan tugas mulia ini, kami mengharapkan dukungan moril dan materiil dari segenap pihak, baik pemerintah maupun swasta serta seluruh umat Islam, khususnya warga Kota Bontang dan sekitarnya.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi rahmat, rizqi, petunjuk, pertolongan dan kesuksesan kepada kita semua fid dunya wal akhirah. Amin.





















LAMPIRAN














































BIO DATA
PENGURUS YAKAUMI DIVISI DA’WAH


I.              DATA PRIBADI

1. Nama lengkap                              :  Abdul Malik
2. Tempat dan Tanggal lahir          :  Ponorogo, 12 Juni 1966.
3. Alamat                                           :  Jl. Damai, Gg. Ar Raudloh,  Bontang
4. Pekerjaan                                      :  Staf  BPPKM – BDIB, Bontang.
5. Nomor telephone rumah                        :  (0548) 26362.
6. Nomor telephone kantor                        :  (0548) 552770.
7. Pendidikan terakhir                     : Pondok Modern Gontor & LIPIA Jakarta
8. Jenis kelamin                               :  Laki-laki.

II.            PENGALAMAN DAN AKTIVITAS KEISLAMAN

1.    Santri Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Tahun 1982-1986.
2.    Guru Pondok Pesantren “Baitul Arqom”, Balung-Jember, Tahun 1987.
3.    Mahasiswa Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam Arab (LIPIA), Jakarta, Tahun 1998.
4.    Pembina Panti Asuhan “Darur Rahmah”, Gunung Putri, Bogor, Tahun 1989-1990.
5.    Pembina Mustahiq BPPKM-BDIB, Bontang, Tahun 1992 – sekarang.
6.    Pengurus Badan Koordinasi Da’wah Islam (BKDIB), Biro Da’wah, Bontang, tahun 1993 – sekarang.
7.    Pengurus Yayasan Kesejahteraan Umat Islam (YAKAUMI), Divisi Da’wah, Bontang, Tahun 2000 – sekarang.





BIO DATA
PENGURUS YAKAUMI DIVISI DA’WAH


I.              DATA PRIBADI

1. Nama lengkap                              :  Isro’ Umarghani.
2. Tempat dan Tanggal lahir          :  Nganjuk, 01 Januari 1962.
3. Alamat                                           :  Jl. Kepodang S-22, BTN PKT, Bontang.
4. Pekerjaan                                      :  Wk. Ketua DPRD Bontang, 2004-2009.
5. Nomor telephone rumah                        :  22453.
6. Nomor telephone kantor                        :  26086.
7. Pendidikan terakhir                     :  SMU.
8. Jenis kelamin                               :  Laki-laki

II.            PENGALAMAN DAN AKTIVITAS KEISLAMAN

1.    Pengurus Anatomi Al Quraan, Yayasan Baiturrahman, PKT, Bontang, Tahun 1997 – sekarang.
2.    Koordinator Bidang Da’wah Badan Pembina Umat Islam (BPUI) PKT, Bontang, Tahun 1998 – sekarang.
3.    Pengurus Dewan Pendiri Yayasan Kesejahteraan Umat Islam (YAKAUMI), Divisi Da’wah, Bontang, Tahun 2000 - sekarang.










BIO DATA
PENGURUS LEMBAGA DA’WAH YAKAUMI


I.              DATA PRIBADI

1. Nama lengkap                              :  Ir. Siswanto.
2. Tempat dan Tanggal lahir          :  Semarang, 10 Oktober 1964.
3. Alamat                                           :  Jl. Mangga PC-IV/59, PTB, Bontang.
4. Pekerjaan                                      :  LNG Surveyor, SUCOFINDO.
5. Nomor telephone rumah                        :  556617.
6. Nomor telephone kantor                        :  551683.
7. Pendidikan terakhir                     :  Sarjana.
8. Jenis kelamin                               :  Laki-laki

II.            PENGALAMAN DAN AKTIVITAS KEISLAMAN

1.    Aktivis Masjid “Al Muttaqien”, Semarang, Tahun 1983-1990.
2.    Ketua Umum Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam, Fakultas Teknik- NGT, Universitas Diponegoro, Semarang, Tahun 1985-1986.
3.    Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Semarang, Semarang, Tahun 1986-1987.
4.    Ketua Umum Lembaga Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam (LPL-HMI) Cabang Semarang, Semarang, Tahun 1987-1988.
5.    Anggota Ta’mir Masjid “Al Huda”, Bekasi, Tahun 1996-1998.
6.    Direktur Lembaga Da’wah YAKAUMI, Bontang, Tahun 2000 – Sekarang.
















GAMBAR PRA RENCANA
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI
BONTANG













































GAMBAR SITE PLAN
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI
BONTANG




 






              U     


























                                                                MASJID DAN TPA   
                                                                 “AL MUTTAQIIN”































                                                                                                         Skala         1  :  1000












GAMBAR LAY OUT DENAH LANTAI DASAR
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI
BONTANG


   










                                        A           B                         C            D       E        F        G             H












                                            












                                                                             I  

















                        J                         K                                            L                      M










                                                                             N                                                                  O











                                                                             P

 


I.                           DENAH LANTAI DASAR
        _______________________

Keterangan:

A. Tempat Parkir.                                            I. Ruang Serba Guna.
B. Taman Pendidikan Al Quraan (TPA).                      J. Toko.
C. Ruang Kegiatan Remaja Masjid.                  K. Kantor Sekretariat.
D. Ruang Ustadz.                                             L. Toilet Wanita.
E. Ruang Imam.                                                           M. Toilet Pria.
F. Ruang Marbot.                                             N. Tempat Wudlu Wanita.
G. Ruang Gudang.                                           O. Tempat Wudlu Pria.
H. Ruang Persiapan.                                        P. Tangga.


  


GAMBAR LAY OUT DENAH LANTAI ATAS
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI
BONTANG


                                                                                                                 C














                                                      A                              B                                      D            E   












                                            












                                                                             F  




























                                                                             G
                                                                                 












II.                            DENAH LANTAI ATAS
            _____________________


Keterangan:

A. Taman Pendidikan Al Quraan (TPA).                    
B. Ruang Pengajian / Majelis Ta’lim.              
C. Mihrab.                                                      
D. Ruang Audio.                                             
E. Ruang Perpustakaan.                                              
F. Ruang Shalat.                                              
G. Tangga.                                          




RENCANA PROGRAM RUANG
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI
BONTANG


 

  NO.                RUANG                P (m)   L (m)     LUAS (m2)                        KETERANGAN
 

III.               A. LANTAI DASAR
 

     1.    Ruang Remaja Masjid         6.0        3.0                       18.0    
     2.    Ruang Ustadz                     3.0        3.0                         9.0                   
     3.    Ruang Imam                       3.0        3.0                         9.0    
     4.    Ruang Marbot                     3.0        3.0                         9.0    
     5.    Ruang Gudang                    3.0        3.0                         9.0    
     6.    Ruang Persiapan                 6.0        3.0                       18.0    
     7.    Ruang Serba Guna            22.0      18.0                     396.0         Kapasitas  400 orang
     8.    Selasar Serba Guna           95.0        3.0                     285.0         Kapasitas  300 orang
     9.    Ruang Toilet                     12.0        3.0                       36.0            Total      700 orang
   10.    Ruang Wudlu                    18.0        3.0                       54.0    
   11.    Tangga                              18.0        5.0                       90.0      
   12.     TPA                                 21.0        5.0                     105.0           Catatan :
   13.     Kantor Sekretariat                6.0        5.0             30.0           Luas tanah Masjid dan TPA
   14.     Toko                                11.0        5.0             55.0          1500 + 500 = 2000 m2
   15.     Tempat Parkir                  20.0      10.0           200.0                            




                                                            Sub Total          1323.0
 

IV.                B. LANTAI ATAS
 

     1.    Ruang Shalat                     22.0      18.0          396.0         Kapasitas  550 jama’ah      
     2.    Selasar Ruang Shalat         95.0                   3.0                     285.0             Kapasitas  396 jama’ah
     3.    Ruang Mihrab                     6.0        3.0                      18.0                 Total     946 jama’ah  
     4.    Ruang Perpustakaan           6.0        3.0                      18.0  
     5.    Ruang Audio                      3.0        3.0                        9.0            Catatan: 
     6.    Tangga                              18.0        6.0                      18.0            (1.2 x 0.6 = 0.72 m2 / jama’ah)
     7.    TPA                                  21.0        5.0                    105.0  




                                                       Sub Total            849.0 




                                                                    T o t a l            2172.0
 









RENCANA ANGGARAN BIAYA (COST LIMIT)
PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT DA’WAH YAKAUMI
BONTANG



 

  NO.                   PEKERJAAN                               %             RUPIAH                             KETERANGAN               
 


     1.    Galian / Urugan Tanah                     5.0             50.000.000
     2.    Pondasi                                            7.0             70.000 000    Bore Pile
     3.    Struktur                                         17.5           175.000.000    Rangka Beton Bertulang
     4.    Dinding Luar                                 15.5           155.000.000
     5.    Dinding Partisi                                 5.5           55.000.000
     6.    Atap                                                 6.0           60.000.000
     7.    Penyelesaian Dinding                      5.5           55.000.000
     8.    Penyelesaian Plafon                         3.0           30.000.000
     9.    Penyelesaian Lantai                         5.0           50.000.000
   10.    Pemipaan                                         4.0           40.000.000
   11.    Pelistrikan                                        8.0           80.000.000
   12.    Pekerjaan Khusus                            5.5           55.000.000     
   13.    Pelataran dan Taman                       7.5           75.000.000
   14.    Perijinan                                          2.0           20.000.000
   15.    Jasa Konsultan                                 3.0           30.000.000
 

                                    Total                     100.0       1.000.000.000
 

                                                                                                            Disahkan Tanggal :
                                                                                                                                               
                                                                                                                                                       20 Oktober 2000
 





Contoh Surat Undangan Kepanitiaan/Panitia Acara Kegiatan Kemasyarakatan

PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM
MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
SEI MAS, 5 APRIL 2007
Nomor : Istimewa
Perihal : Undangan Penceramah
Kepada Yth:
Bapak H. ARFANDI IBNU HAJAR, BA, SE
di
B A N G K O
Assallamuallaikum W.W.
Dengan Hormat,
Semoga Bapak dalam selalu keadaan sehat wal-afiat. Dalam rangka memperingati Perayaan Hari Besar Islam : HARI MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:
HARI : SENIN
TANGGAL : 9 APRIL 2007
JAM : 19.30 BBWI
TEMPAT : MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
Kami mengharapkan kesediaan Bapak menjadi pence- ramah dalam acara tersebut. Sangat diharapkan sekali jika Bapak berkenan pula bersama kami sholat ”Isya” berjemaah di mesjid kami.
Demikian undangan ini kami buat dengan harapan semoga bapak berkenan memenuhinya. Atas kesediaan Bapak semoga do’a kami akan kesehatan dan kesejah- teraan Bapak dikabulkan Allah SWT. Terima kasih.
Mengetahui:
Ketua Lingkungan Sei Mas
M. SAMADIN. FK Wassallam,
Ketua,
M U H A J I
PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM
MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
SEI MAS, 5 APRIL 2007
Nomor : Istimewa
Perihal : Undangan Peringatan Maulid Nabi
Kepada Yth:
Bapak/ibu/sdr/i ........................................................................
di
B A N G K O
Assallamuallaikum W.W.
Dengan Hormat,
Semoga Bapak/ibu/sdr/i dalam selalu keadaan sehat wal-afiat. Dalam rangka memperingati Perayaan Hari Besar Islam : HARI MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:
HARI : SENIN
TANGGAL : 9 APRIL 2007
JAM : 19.30 BBWI
TEMPAT : MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
PENCERAMAH : H. ARFANDI IBNU HAJAR, BA, SE
Kami mengharapkan kesediaan Bapak/ibu/sdr/i hadir dalam acara tersebut. Sangat diharapkan sekali jika Bapak/ibu/sdr/i berkenan pula hadir bersama kami sholat ”Isya” berjemaah di mesjid kami.
Demikian undangan ini kami buat dengan harap-an semoga bapak/ibu/sdr/i berkenan memenuhinya. Atas kesediaan Bapak/ibu/sdr/i semoga do’a kami akan kesehatan dan kesejahteraan Bapak/ibu/sdr/i dikabulkan Allah SWT. Terima kasih.
Mengetahui:
Ketua Lingkungan Sei Mas
M. SAMADIN. FK Wassallam,
Ketua,
M U H A J I
PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM
MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
SEI MAS, 5 AGUSTUS 2007
Nomor : Istimewa
Perihal : Undangan Penceramah
Kepada Yth:
Bapak H. ARFANDI IBNU HAJAR, BA, SE
di
B A N G K O
Assallamuallaikum W.W.
Dengan Hormat,
Semoga Bapak dalam selalu keadaan sehat wal-afiat. Dalam rangka memperingati Perayaan Hari Besar Islam : HARI ISRA MI’RAJ MUHAMMAD SAW yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:
HARI : MINGGU
TANGGAL : 11 AGUSTUS 2007
JAM : 19.00 BBWI
TEMPAT : MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
Kami mengharapkan kesediaan Bapak menjadi penceramah dalam acara tersebut.
Demikian undangan ini kami buat dengan harapan semoga bapak berkenan memenuhinya. Atas kesediaan Bapak semoga do’a kami akan kesehatan dan kesejahteraan Bapak dikabulkan Allah SWT. Terima kasih.
Wassallam,
Ketua,
M U H A J I
PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM
MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
SEI MAS, 5 Agustus 2007
Nomor : Istimewa
Perihal : Undangan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW
Kepada Yth:
Bapak/ibu/sdr/i ............................................
di
B A N G K O
Assallamuallaikum W.W.
Dengan Hormat,
Semoga Bapak/ibu/sdr/i dalam selalu keadaan sehat wal-afiat. Perubahan perlu kita lakukan, dimulai dari yang kecil-kecil dalam diri, keluarga dan masyarakat kita. Dalam rangka memperingati Perayaan Hari Besar Islam: HARI ISRA MI”RAJ NABI BESAR MUHAMMAD SAW yang Insya Allah akan diselenggarakan pada:
HARI : KAMIS MALAM JUM’AT
TANGGAL : 16 AGUSTUS 2007
JAM : 18.45 BBWI
TEMPAT : MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
PENCERAMAH : K. H. TUNGGAL
Kami mengharapkan kesediaan Bapak/ibu/sdr/i sekeluarga hadir dalam acara peringatan ISRA MI’RAJ tersebut. Atas kehadirannya kami do’akan rahmat kesehatan dan kesejahteraan bagi Bapak/ibu/sdr/i semoga do’a kita dikabulkan Allah SWT. Terima kasih.
Mengetahui:
Pegawai Syara’
M. SYAFI’I MAKLAN
Wassallam,
Ketua,
M U H A J I
LINGKUNGAN SEI MAS
PANITIA PEMBANGUNAN MESJID SYUHADA
KELURAHAN PASAR ATAS BANGKO
Sei Mas, 18 Januari 2008
Perihal: Penyampaian Hasil Rapat Tokoh Masyarakat
Lingkungan Sei Mas Pasar Atas Bangko
Kepada Yth:
Bapak/Ibu/sdr/i : ……………………
……………………………………………
Di
B A N G K O
ASSALAMUALLAIKUM W.W.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan Berkah dan Rahmah-Nya kepada Bapak/Ibu/sdr/i, sehingga kehidupan yang dijalani selalu dilindungi dan terpelihara dalam kekhusyu’an amalan ibadah. Dengan perantaraan surat ini kami ingin menyampaikan Hasil Musyawarah Tokoh Masyarakat Lingkungan Sei Mas Pada 18 Januari 2008 bertempat di Mesjid Syuhada untuk dapat diketahui dan dimaklumi, disosialisasikan kepada warga dan jemaah Yassinan serta dapat dijadikan pedoman.
Keputusan-keputusan tersebut diantaranya adalah:
1. Undangan yang disebar kepada alamat terdaftar berjumlah 50 Eksemplar, yang hadir dalam rapat adalah 23 orang, 4 orang hadir dengan mewakilkannya kepada yang hadir. Rapat dimulai pukul 20.36 WIB dan berakhir pada pukul 22.51 WIB.
2. Kesepakatan berinfaq sebesar Rp. 30.000.oo (tiga puluh ribu rupiah)/KK untuk melanjutkan pembangunan Mesjid Syuhada. Pembayarannya dapat tunai dapat dicicil dalam jangka waktu 3 (TIGA) bulan dan dapat dalam jumlah yang lebih bagi yang berkecukupan dan mampu;
3. Ketua RT/Ketua Yassinan RT bertanggung jawab dalam pengumpulan uang tersebut dan menyerahkannya kepada Bendaharawan Pembangunan Mesjid Syuhada;
4. Pekerjaan Finishing (Profil Ris Plank dan Tiang) dilakukan dengan harga Rp. 25.000.oo (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) per meter dan dikerjakan oleh ARIF
5. Pekerjaan Teralis Besi 10 Ulir dikerjakan oleh CV. Sinar Maju (DARMANTO) dengan harga Rp 340.000.oo per meter. Waktu pelaksanaan berhubungan dengan ketersediaan dana.
6. Penyampaian Proposal:
a. bantuan dana pembangunan kepada Donatur dan Calon Bupati 2008 akan dilakukan kemudian;
b. persiapan perpustakaan mesjid menjadi tanggung jawab: RAMLI SE, M SAID SAIDINA S.Ag dan JONI RASMANTO. SKM. MKES
7. Pengecatan Ringgo-ringgo dan pemindahan tempat beduk menjadi tanggung jawab Remaja Mesjid. Cat dan Kuas yang dibutuhkan disediakan oleh RAMLI SE
8. 8 (enam) kotak amal telah ditempatkan di:
a. YY CELLULER (ADEK)
b. FERY CELLULER
c. TOKO OBAT AAN
d. TOKO OBAT DILLA
e. TOKO YANTO RT 07
f. TOKO H. HIDAYAT RT 08
g. TOKO SATE PODOMORO
h. TOKO ATENG PENGKOLAN TELKOM
i. .............................????? MENNYUSUL....................
9. Menggalang peran serta pengajian ibu-ibu dalam membangun mesjid dengan Infaq Rp 20.000/orang;
10. Akan diadakan pengajian bulanan pada salah satu hari pada setiap minggu ke IV dengan materi dan nara sumber yang diprakarsai oleh Bidang IMAROH dan Remaja Mesjid.
11. Merencanakan Rapat 3 (tiga) Pengurus Mesjid dengan 6 orang Bidang Imaroh dan 6 orang pengurus RT/RW, membicarakan:
a. Remaja Mesjid Reformasi
b. Pengajian Bulanan
c. Peringatan Hari Besar Islam
d. Panitia Amil Zakat
e. Panitia Qurban
f. Pengurus Pengajian Ibu-ibu
12. Pembelian:
a. 1 (satu) Pengeras Suara yang pemasangannya diatur kemudian
b. 2 (dua) Timbangan ukuran 2 Kg
c. 2 (dua) Speaker Capsule 3000 Waat untuk dalam mesjid
d. 1 (satu) Mesin Penghisap Debu Basah dan Kering
e. 1 (satu) Corong Muazzim dan ditempatkan di sisi kiri mimbar secara permanent
f. Kalkulator (Infaq Pak Azwar RT 07)
13. Susunan Panitia Pembangunan Mesjid Syuhada Tetap dengan mengurangi nama anggota yang telah meninggal dunia.
14. Menyetujui setiap KK di SEI MAS menyumbangkan buku untuk mewujudkan keberadaan PERPUSTAKAAN MESJID, mengenai jumlah seadanya dan seikhlasnya.
15. Menyetujui pendataan penerima Qurban 2 (dua) Bulan sebelum pelaksanaannya.
16. Menyetujui adanya imbalan jasa terhadap khatib dan imam, besarnya jasa imbalan ini berhubungan dengan tempat kediaman dan jauh dekatnya jarak tempuh. Untuk Pegawai Syara’ yang berada di Lingkungan Sei Mas akan diberikan pada setia bulannya.
17. Menyetujui pendekatan kekeluargaan untuk menciptakan kebersihan lingkungan Mesjid, rencananya akan dilakukan pada MINGGU MALAM SENIN setelah sholat ISYA dipimpin oleh Pak SAMADIN
18. Menyampaikan permohonman pinjam pakai GENSET kepada BUJANG TUKANG sebagai antisipasi acara Hari Besar Islam yang direncanakan untuk diselenggarakan
19. Kesempatan peringatan Hari Besar Islam digunakan untuk pengumpulan dana.
20. Merencanakan pelaksanaan PERINGATAN HARI BESAR ISLAM pada tahun 1429 H, diantaranya:
a. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW direncanakan 21 Maret 2008
b. Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW direncanakan 1 Agustus 2008
c. Peringatan Tahun Baru Hijrah 28 Desember 2008.
d. Penceramah dikelola Bidang Imaroh
e. Konsumsi dikelola Pengajian Ibu-Ibu dan Remaja Mesjid
Demikian untuk dapat di maklumi. Terima kasih.
PANITIA PEMBANGUNAN
MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
SEKRETARIS
BAIHAKI
MENGETAHUI
PEGAWAI SYARA’ LINGKUNGAN SEI MAS
SYAFE’I MAKLAN
KETUA,
M U H A J I
LINGKUNGAN SEI MAS
PANITIA PEMBANGUNAN MESJID SYUHADA
KELURAHAN PASAR ATAS BANGKO
Sei Mas, 16 Juni 2007
Perihal: Penyampaian Hasil Rapat Tokoh Masyarakat
Lingkungan Sei Mas Pasar Atas Bangko
Kepada Yth:
Bapak/Ibu/sdr/i : ……………………
……………………………………………
Di
B A N G K O
ASSALAMUALLAIKUM W.W.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan Berkah dan Rahmah-Nya kepada Bapak/Ibu/sdr/i, sehingga kehidupan yang dijalani selalu dilindungi dan terpelihara dengan amalan ibadah. Dengan perantaraan surat ini kami ingin menyampaikan hasil musyawarah tokoh masyarakat Lingkungan Sei Mas untuk dapat diketahui dan dimaklumi serta dapat dijadikan pedoman.
Keputusan-keputusan tersebut diantaranya adalah:
1. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Tahap ke II PERTAMA adalah Rp 15.500.000,oo (LIMA BELAS JUTA LIMA RATUS RIBU RUPIAH)
2. Kesepakatan berinfaq sebesar Rp. 30.000.oo (tiga puluh ribu rupiah)/KK untuk melanjutkan pembangunan Mesjid Syuhada. Pembayarannya dapat tunai dapat dicicil dengan harapan tidak dalam jangka waktu lama;
3. Ketua RT/Ketua Yassinan RT bertanggung jawab dalam pengumpulan uang tersebut dan menyerahkannya kepada bendaharawan Pembangunan Mesjid Syuhada;
4. Penyampaian proposal bantuan dana kepada Donatur dan Calon Bupati 2008 akan dilakukan kemudian;
5. Pembuatan 6 (enam) kotak amal yang akan ditempatkan di tempat-tempat strategis;
6. Menggalang peran serta pengajian ibu-ibu dalam membangun mesjid (jimpitan, pengumpulan dana dan lain sebagainya);
7. Kesempatan peringatan Hari Besar Islam digunakan untuk pengumpulan dana;
8. Dana dari celengan Jum’at Rp. 8.272.000,oo; kotak anak Yatim Rp 200.000.oo; kondisi Kas setelah pengeluaran Rp 5.413.300,oo adalah Rp. 3.058.700,oo (TIGA JUTA LIMA PULUH DELAPAN RIBU TUJUH RATUS RUPIAH).
9. Dana yang terkumpul saat rapat tanggal 15 Juni 2007 adalah:
a. Dari H. AL HIDAYAT RT 08 Rp. 100.000,oo
b. Dari HIDAYAT RT 07 Rp. 200.000,oo
c. Dari BAIHAQI RT 06 Rp. 50.000,oo
d. Dari Iuran AZWAR RT 07 Rp. 20.000,oo
e. Dari HAMBA ALLAH RT 07 Rp. 100.000,oo
f. Dari HAMBA ALLAH RT 07 Rp. 100.000,oo
10. Material yang terkumpul saat rapat tanggal 15 Juni 2007 dalam bentuk IKRAR SHAHIH adalah:
NO NAMA MATERIAL JUMLAH
1 AZWAR RT 07 SEMEN
2 SYARIF RT 08 SEMEN
3 SAMADIN RT 07 SEMEN
4 FACHRIZAL IDRIS RT 07 SEMEN
5 M JAMIL SEMEN
6 RAMLI SH SEMEN
7 SANUSI SEMEN
8 MUHAJI KORAL
9 SYAFE'I MAKLAN SEMEN
10 JOKO PURWANTO KORAL
11 H. MUCHTAR HARUN SEMEN
12 JAUHARI SEMEN
13 HAMBA ALLAH KORAL
14SIAPA MENYUSUL ???
Demikian untuk dapat di maklumi. Terima kasih.
PANITIA PEMBANGUNAN
MESJID SYUHADA SEI MAS BANGKO
SEKRETARIS
BAIHAKI
MENGETAHUI
KA LINGKUNGAN SEI MAS
S A M A D I N
KETUA,
M U H A J I
MESJID “SYUHADA”
KELURAHAN PASAR ATAS BANGKO
KECAMATAN BANGKO KABUPATEN MERANGIN
PANITIA AMIL ZAKAT MESJID “SYUHADA” 1428 H
LINGKUNGAN SEI MAS KELURAHAN PASAR ATAS BANGKO
Memperhatikan : hasil musyawarah Perangkat Pemerintahan Lingkungan Sei Mas dan dengan Tokoh Agama dan Masyarakat tanggal 21 September 2007 jam 13.00 bertempat di Mesjid Syuhada
Memutuskan:
Menetapkan:
Susunan Panitia Pembangunan Mesjid Syuhada Lingkungan Sei Mas Kelurahan Pasar Atas Bangko sebagai berikut:
I. PENASEHAT : H. MUCHTAR HARUN
M. SAID SAIDINA Sag
II. KETUA : SYAFE’I MAKLAN
III. WAKIL KETUA : SOBIRIN
IV. SEKRETARIS : MARKUN
V. BENDAHARA : JONI RASMANTO, SKM, MKES (MMR)
VI. ANGGOTA :
1. SARIJO KETUA RW 3
2. YATMIN KETUA RW 4
3. ERWIN HARAHAP KETUA RT 07
4. DARYO KETUA RT 06
5. MUJIANTO KETUA RT 09
6. SANUSI KETUA RT 08
7. MUHAJI
8. JAUHARI
9. BAIHAQI
10. BULKAINI SPD
11. NOVIKA ARIANDI
12. AGUS DWI DARMAWAN
13. EFDIANTO
VII. HARGA DASAR BESAR FITRAH RP. 12.500.oo
VIII. PEMBAYARAN FITRAH DIMULAI PADA TANGGAL 19 RAMADHAN DAN BERAKHIR PADA TANGGAL 29 RAMADHAN 1428 H JAM 00.00 WIB BERTEMPAT DI MESJID SYUHADA
IX. DEMIKIAN UNTUK MENJADI MAKLUM.
Ditetapkan di: SEI MAS
Pada Tanggal: 21 September 2007
PIMPINAN RAPAT PANITIA AMIL ZAKAT
M. SYAFE’I MAKLAN



 
CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID

MUKADIMAH
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Allah SWT. Kita memohon pertolongan-Nya dan ampunan serta perlindungan-Nya dari segala keburukan dan kelemahan. Barangsiapa yang diberi hidayah-NYA, tidak ada sesuatu pun yang dapat menghalangi, dan barangsiapa yang tidak mendapat hidayah, tidak ada sesuatu pula yang mampu menolongnya. Subhanallahi walhamdulillahi walaa ilaha illallah wallahu akbar.

Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menyampaikan risalah-Nya, memberi nasehat dan membawa umat menuju kesempurnaan hidup lahir batin, dunia akhirat. Kita berharap termasuk umatnya yang mendapat syafa'at Beliau, nanti di Yaumil Akhir. Amin

Bersama ini kami sampaikan proposal singkat ke hadapan Bapak dan Ibu, dengan maksud  sebagai media untuk menjelaskan rencana pembangunan Masjid Al-Hidayah Jl. Bambon Raya RT.02 RW.04 Beji Depok yang juga akan berfungsi sebagai  pusat sarana Ibadah dan pembinaan keislaman di lingkungan masyarakat sekitar.

Tentunya kami berharap, partisipasi nyata berupa dukungan moril dan materil, sebagai salah satu waqaf, infaq dan sodaqah jariyah bagi Bapak dan Ibu. Kami berdo'a, semoga keikhlasan Bapak dan Ibu menjadi jalan menuju ketaqwaan dan Insya Allah Bapak dan Ibu termasuk golongan orang-orang yang sesuai dengan hadits Nabi yaitu: orang-orang yang akan dibangunkan sebuah istana di surganya Allah, karena telah membangun rumah Allah dimuka bumi ini. Amiin Yaa Rabbal'alamin.

Billahittaufiq wal hidayah
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

LATAR  BELAKANG
Berangkat dari kondisi Musholla Al Hidayah saat ini yang memang sudah membutuhkan banyak perbaikkan dan tidak memadainya kondisi fisik bangunan untuk mendukung kegiatan ibadah dan pembinaan ke-Islaman masyarakat sekitar. Untuk itu panitia dengan di dukung segenap masyarakat setempat khususnya ummat Islam sepakat untuk menjadikan Musholla Al-Hidayah menjadi sebuah Masjid.

Seperti kita pahami bahwa sejak zaman Rasulullah Muhamad SAW, masjid bukan hanya tempat ibadah tetapi merupakan pusat kegiatan berdimensi luas. Ketika Rasulullah Saw dan para sahabatnya Hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau singgah di suatu tempat yang dikenal dengan Quba. Disinilah Rasulullah membangun sebuah mesjid yang diberi nama Mesjid Quba. Begitu juga ketika sampai di Madinah Rasulullah membangun Mesjid Nabawi. Ini semua menunjukan bahwa mesjid memiki kedudukan yang sangat penting bagi kaum muslimin.

Di zaman Rasulullah Saw, mesjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman para sahabatnya. Disamping itu, mesjid juga digunakan sebagai sarana peribadatan dan tempat mengkaji ajaran Islam. Allah berfirman : Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan Shalat, menunaikan Zakat, dan tidak takut(kepada siapa pun) selain kepada Allah maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk (QS: At-Taubah: 8)

Mesjid mengajarkan kaum Muslimin banyak hal. Dalam shalat berjamaah misalnya, banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil. Roh Jama`i dan kebersamaan, ketaatan kepada pemimpin, tujuan hidup yang satu, kesamaan langkah dan gerak, dan masih banyak pelajaran lainya bisa kita ambil dari tempat yang suci ini.

Kebersihan juga pelajaran penting yang bisa diambil dari roh dan semangat Mesjid. Berangkat ke mesjid dalam keadaan berwudhuk dan melepas alas kaki ketika memasuki mesjid. Hal ini mengajarkan kepada setiap pribadi muslim untuk menjaga kebersihan, Setiap mereka harus memulai pekerjaan sehari-harinya dengan niat yang bersih.

Rasulullah saw menjadikan mesjid sebagai sentral ilmu pengetahuan. Dari mesjidlah Rasulullah membina masyarakat baru Madinah. Ahlu Suffah adalah mereka yang banyak mengambil manfaat dari ajaran Rasulullah. Disamping mereka tinggal dibagian belakang masjid mereka juga sangat tekun menghafal hadist-hadist Rasullah Saw. Abu Hurairah adalah salah seorang dari ratusan Ahli Shuffah yang banyak meriwayat hadis dibandingkan sahabat lainya. Tradisi menjadikan mesjid sebagai pusat ilmu pengetahuan ini diteruskan oleh para Ulama Muslimin dalam mengembangkan Risalah Islam setelah wafatnya Rasulullah Saw.

Di era modern sekarang ini kita harus mampu memerankan dan memakmurkan Mesjid. Memakmurkan Mesjid mempunyai dua pengertian. Hissi dan maknawi. Hissi berarti membangun Mesjid secara fisik, membersihkanya, melengkapi sarana wudhuk dan yang lainya. Sedangkan memakmurkan Mesjid secara Maknawi adalah meramaikan Mesjid dengan shalat berjama`ah, membaca al-quran, i`tikaf, dan ibadah lainya. Dan yang tidak kalah penting adalah menjadikan Mesjid sebagai pusat kegiatan dan pengembangan masyarakat.

Dan disamping itu kita harus bisa memposisikan mesjid sebagai wadah pemersatu kaum muslimin. Menghidupkan kembali peranan mesjid dengan segala macam aktivitas yang telah kita paparkan diatas yang telah terbukti membawa kaum muslim pada puncak peradaban besar. Wallahu a`lamu bissawab.

LANDASAN
1. Firman Allah SWT dalam surat AI Baqarah ayat 245

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan

2. Sabda Rasululla SAW

Barang siapa yang telah membangunkan sebuah masjid, yang sengaja mencari keridhaan Allah, nanti Allah buatkan pula untuknya sebuah rumah di dalam syurga (Hr Bukhari dan Muslim).

NAMA KEGIATAN
" Proyek Pembangunan Masjid Al-Hidayah "
Jl. Bambon Raya RT.02 RW.04 Beji Depok

TUJUAN
  • Sebagai tempat untuk melakukan ibadah terutama sholat berjamaah secara rutin agar kualitas sholat dapat terjaga dan meningkat.
  • Sarana untuk pencerahan dan pendidikan Agama Islam secara nonformal
  • Sarana efektif untuk mempererat tali silaturahmi khususnya antar warga muslim dan warga lainnya.

PANITIA PEMBANGUNAN MASJID
Terlampir

RENCANA ANGGARAN BIAYA
Terlampir

PENUTUP
Demikian proposal pembangunan Masjid Babussalam ini disampaikan dengan harapan semoga terwujudnya Masjid Babussalam ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh SWT bagi umat Islam, khususnya masyarakat sekitar

Peran dan partisipasi dari semua pihak sangat di harapkan agar rencana dan pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar. Akhirnya, semoga amal ibadah kita dapat diterima Alloh SWT. Amien.

Lampiran-Lampiran







Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar